Minggu, 05 September 2010

Kawasan Bersejarah Comal Baru

A description of the image goes here
A description of the image goes here
Comal baru, adalah kawasan bekas pabrik gula yang sekarang masih digunakan sebagai laboratorium penelitian tebu. walalupun secara fungsional pabrik gula disana tsudah tidak aktif, namun keberadaan laboratorium penelitian tebu yang sangat berguna untuk menghasilakan tebu yang berkualitas yang nantinya akan membantu menghasilkan gula yang berkualitas pula.Sebagai fasilitas penunjang kawasan comal baru juga memiliki banyak tempat tempat yang menarik.
Taman bermain, kolam renang, Sport center seperti lapangan tenis, badminton dan basket pun ada disana.Namun karena faktor pabrik yang sudah tidak aktif lagi jadi tempat rekreasi itupun sekarang sedikit terabaikan.
Kondisi ini menyebabkan kawasan rekreasi disana sedikit kurang terawat. Seperti kolam renang yang airnya berwarna hijau, maupun taman bermain yang kotor dan berantakan.
Namun terlepas dari semua itu, kawasan yang tergolong bersejarah ini patut untuk di pertahankan eksistensinya. Di bangun pada pemerintahan belanda dan sampai sekarang masih tetap di gunakan walaupun hanya sebagai laboratorium.

A description of the image goes here
Berbeda dengan pabrik sejenis yaitu Pabrik Spiritus yang rencananya akan berubah bentuk menjadi kawasan perumahan dan pertokoan elit "Grand Coma". 
Banyak orang comal yang secara tidak langsung kehilanggan sebuah icon comal yaitu Pabrik Spiritus yang dulu setiap kali melewatinya kita bisa melihat 3 buah tanki Spiritus besar, namun hal seperti itu hanya bisa dikenang saja.
Keberadaan Comal Baru yang sebenarnya  termasuk dalam wilayah Ampelgading yaitu sekitar1 km kearah barat dari kawasan comal, menjadikan lokasi ini mudah untuk di jangkau.
A description of the image goes here
Akan lebih berasa kita ke sana dengan menggunakan sepeda dan melakukannya pada sore maupun pagi hari. Karena suasana comal baru yang masih hijau dan asri dengan sedikit polusi disana menjadikan kawasan itu sebagai kawasan favorit untuk lari pagi.
Jika kita disana hal yang pertama kita rasakan yaitu seperti kembali ke masa lampau dengan gedung gedung tua dan banyak insfratruktur pabrik yang makin menguatkan sensasi kota tua disana. 
A description of the image goes here







.






















go to my homepage